Puskesmas Sikumana Kupang

Warta Puskesmas

Posyandu Perdana di Masa Pandemi Covid-19 Featured

Ditulis Oleh | Selasa, 14 Juli 2020 11:38
Beri Rating
(1 Vote)
Kegiatan Posyandu Kamboja 5 B Era New Normal Bersama Para Lintas Sektor Kegiatan Posyandu Kamboja 5 B Era New Normal Bersama Para Lintas Sektor Dokumentasi Puskesmas Sikumana

Sejak Tanggal 01 Juli 2020, sesuai dengan arahan dari Gubernur, Provinsi Nusa Tenggara Timur sudah mulai menjalankan era New Normal di masa pandemi virus Covid-19.

Semua sektor kehidupan dan kegiatan masyarakat kembali dilaksanakan sercara normal tetapi tetap pada protokoler kesehatan yang ada.

Puskesmas sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan tingkat pertama, tetap menjadi ujung tombak untuk memberikan pelayanan kesehatan dan tindakan pencegahan kepada masyarakat yang membutuhkannya. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan di Puskesmas Sikumana adalah posyandu balita. Posyandu balita kembali dibuka dan dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Sikumana pada tanggal 04 Juli 2020.

Pengecekan suhu oleh petugas kesehatanSehari sebelum melaksanakan kegiatan posyandu ini, dr. Ivon Ray (Kepala Puskesmas Sikumana) bersama TIM Promosi Kesehatan, melakukan koordinasi dengan Dinas KesehatPengunjung posyandu melakukan cuci tanganan Kota Kupang, Camat Maulafa, Bhabinkamtibmas, dan juga dengan kader. Adapun persiapan yang dilakukan yaitu menyusun SOP posyandu selama masa pandemi Covid-19, menyampaikan kepada Camat, Lurah dan kader untuk tetap memperhatikan protap sosial distancing, wajib cuci tangan bagi pengunjung posyandu, dan mewajibkan orang tua balita untuk membawa kain/sarung untuk menimbang anak.

Pada saat kegiatan, posyandu yang menjadi sasaran untuk kegiatan ini adalah Posyandu Kamboja 5 B. Puskesmas Sikumana membekali para kader balita dengan face shield dan handscoen. Semua pengunjung dilakukan pengukuran suhu oleh petugas kesehatan, wajib cuci tangan, kemudian melakukan penimbangan bayi balitanya dengan menggunakan kain/sarung sendiri. Sosial distancing tetap diperhatikan selama kegiatan posandu berlangsung.

PrPenimbangan menggunakan sarung pasien sendirioses kegiatan posyandu berjalan lancar dan sesuai dengan protokoler kesehatan yang berlaku. Hadir dalam kegiatan posyandu tersebut adalah Sekretaris Camat Maulafa, Lurah Sikumana, Bhabinkamtibmas, Ketua RT, dan Kepala Puskesmas Sikumana. “ Terimakasih untuk teman-teman yang melaksanakan posyandu perdana hari ini di Posyandu 5B Sikumana, sesuai dengan standar Protokol Covid_19, kerjasama yang baik dengan Para Kader dan lintas sektor, serta antara temana yang bertaggung jawab di kegiatan hari ini “ ucap dr. Ivon kepada staff puskesmas. Beliau juga mengharapkan agar gambaran kegiatan di  Posyandu Kamboja 5 B ini selanjutnya dapat diterapkan atau diaksanakan di posyandu yang lain. (Crd)

Dibaca 1151 Kali Terakhir Diperbaharui Selasa, 14 Juli 2020 12:09
Adrianus Topu

Admin Website. TIM SIK Puskesmas Sikumana. Perawat di Puskesmas Sikumana sejak Tahun 2006.

pusksmn.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

SOSIALISASI DAN PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH (FE)

SOSIALISASI DAN PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH (FE)

UPT. Puskesmas Sikumana, pada Tanggal 26 Februari 2018 Read More
SCREENING FAKTOR RESIKO PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) DI TEMPAT TEMPAT UMUM

SCREENING FAKTOR RESIKO PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) DI TEMPAT TEMPAT UMUM

Masalah Kesehatan yang dihadapi saat ini sangat kompleks Read More
MENGENAL ANEMIA YANG MEMATIKAN

MENGENAL ANEMIA YANG MEMATIKAN

PENGERTIAN ANEMIA DEFISIENSI BESI Anemia defisiensi besi adalah Read More
APA ITU RUBELLA ?

APA ITU RUBELLA ?

Pengertian Rubella Rubella atau campak Jerman adalah infeksi Read More
SERING GERAKAN KAKI SAAT DUDUK ? BANYAK MANFAATNYA ....

SERING GERAKAN KAKI SAAT DUDUK ? BANYAK MANFAATNYA ....

Seringkali kita tak sadar sedang menggerakkan kaki saat Read More
S0SIALISASI TB : MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DALAM PENEMUAN KASUS

S0SIALISASI TB : MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DALAM PENEMUAN KASUS

Penemuan kasus TB identik dengan fenomena gunung es Read More
PUSKESMAS SIKUMANA MENUJU AKREDITASI

PUSKESMAS SIKUMANA MENUJU AKREDITASI

Puskesmas Sikumana sebagai fasilitas pelayanan kesehatan terus berupaya Read More
  • 1