Puskesmas Sikumana Kupang

Artikel Kesehatan

Belajar Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun

Ditulis Oleh | Sabtu, 05 Oktober 2019 15:57
Beri Rating
(1 Vote)
Belajar Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun

Mencuci tangan dengan sabun harus menjadi kebiasaan bagi diri sendiri dan keluarga. Jika Anda sudah memiliki buah hati, pastikan kalau si kecil juga terbiasa cuci tangan dengan sabun. Karena kebiasaan ini akan memberikan banyak manfaat kesehatan. Jika si kecil terbiasa mencuci tangan pakai sabun sedini mungkin, Anda pun tak perlu terlalu mengkhawatirkan kesehatannya. Karena kesehatan tubuh berawal dari tangan yang bersih.

Sekarang, Anda tentu harus mengetahui 6 langkah cuci tangan pakai sabun yang baik dan benar terlebih dahulu. Hal ini penting agar kebersihan tangan semakin maksimal setelah Anda selesai mencucinya.

Inilah 6 Langkah Cuci Tangan pakai Sabun yang Benar 

  • Mulailah membasuh tangan dengan air bersih yang mengalir, lalu gunakan sabun cuci tangan ke telapak tangan Anda secukupnya. Rekatkan antara tangan kanan dan tangan kiri Anda. 
  • Setelah itu posisikan telapak tangan kanan Anda di atas punggung tangan kiri dan sebaliknya. Biasanya bagian ini sering luput dari perhatian karena mayoritas orang hanya mencuci telapak tangan.
  • Telapak dengan telapak dan sela-sela jari juga harus dibersihkan dengan sabun. Usapkan sabun pada seluruh sela-sela jari hingga berbusa. Bagian jari yang satu ini kerap menjadi tempat bersarangnya kotoran dan bakteri usai beraktivitas.
  • Letakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci, agar lebih merata ke seluruh bagian tangan.
  • Jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri dan sebaliknya.
  • Jari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan ke kiri pada telapak tangan dan sebaliknya.

Mengapa Anda Harus Cuci Tangan Pakai Sabun? 

Hingga saat ini masih banyak orang yang bertanya-tanya. Benarkah tangan yang kotor bisa menimbulkan penyakit?

Anda harus mengetahui jawabannya supaya Anda tak ragu memulai kebiasaan cuci tangan sejak hari ini. Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan benda lain. Anda pasti kerap memegang banyak benda ketika berada di transportasi umum, kantor, taman, atau tempat lainnya. Tak jarang pula Anda berinteraksi dengan orang lain melalui sentuhan tangan. Padahal Anda tak tahu persis mengenai jumlah kotoran atau kuman yang sudah menempel pada tangan Anda.

Jika Anda membiarkan hal ini tanpa melakukan 6 langkah cuci tangan yang benar, kemungkinan besar Anda akan mudah terserang penyakit. Sebab, Anda akan menggunakan tangan kotor untuk makan atau memegang bagian tubuh lain seperti mata, hidung, dan mulut. Kotoran dan kuman pun semakin mudah masuk ke tubuh kalau tangan Anda selalu kotor.

Sayangnya, masih banyak orang yang enggan mencuci tangan dengan cara yang benar. Departemen Kesehatan Florida bahkan menyatakan bahwa 4 dari 5 orang yang baru selesai menggunakan toilet biasanya tidak mencuci tangan dengan benar. Hal ini tentu mengakibatkan penyebaran kotoran dan kuman penyakit semakin parah. Anda harus bisa mengakhiri penyebaran tersebut melalui cara mencuci tangan yang benar, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat cuci tangan semaksimal mungkin.

Manfaat Cuci Tangan untuk Mencegah Beragam Penyakit 

Manfaat cuci tangan ternyata ampuh mencegah aneka penyakit ringan maupun serius, antara lain:

  • Iritasi mata, infeksi, dan trakoma

Salah satu penyebab terbesar gangguan kesehatan mata adalah tangan yang kotor. Ketika mata terasa kurang nyaman atau gatal, hampir semua orang akan menggunakan tangan untuk mengusap atau menggaruknya. Padahal belum tentu tangan Anda sudah higienis setelah beraktivitas. Kebiasaan ini akan memperparah penyakit mata. Bahkan penyakit mata berbahaya seperti trakoma juga terjadi karena mata terinfeksi bakteri atau virus ganas. Anda harus memastikan bahwa tangan Anda benar-benar sudah bersih sebelum menyentuh mata.

  • Diare dan Cacingan

Bukan hanya kandungan makanan yang bisa mengakibatkan timbulnya penyakit diare. Menyantap makanan dengan tangan yang kotor juga merupakan pemicunya. Bakteri dan virus yang menempel pada tangan akan langsung masuk ke tubuh bila Anda makan dengan tangan yang kotor. Menurut informasi yang dikutip dari situs Live Strong, diare masih menjadi satu dari lima penyebab utama kematian anak-anak di dunia. Itulah sebabnya kebiasaan mencuci tangan wajib diajarkan sedini mungkin.

Selain diare, tangan yang kotor juga rentan menyebabkan cacingan. Telur-telur cacing yang menempel pada tangan bisa masuk ke tubuh dan berkembang biak. Akibatnya, tubuh akan kekurangan nutrisi karena cacing-cacing parasit terus tumbuh dan berkembang biak di dalamnya. Jika tidak mendapat perawatan intensif, cacingan bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.

  • Gangguan Sistem Pernapasan

Anda dapat meminimalkan risiko gangguan sistem pernapasan dengan cara mencuci tangan. Bakteri patogen yang memicu penyakit pernapasan sering menempel pada tangan kotor. Jadi, cucilah tangan Anda dengan benar setiap kali selesai beraktivitas. Sehingga tak ada bakteri yang masuk ke tubuh Anda. Manfaat cuci tangan akan membuat sistem pernapasan Anda selalu sehat. Anda tak akan mengalami gangguan pernapasan ringan atau berat seperti batuk, dahak berlebihan, tenggorokan gatal, atau sesak napas.

Ulasan tentang manfaat cuci tangan kali ini pasti membuat Anda lebih disiplin menjaga kesehatan. Tak perlu melakukan hal-hal rumit untuk menjaga kebersihan diri. Mulailah dari hal sederhana yaitu cuci tangan pakai sabun. Jangan lupa pula untuk menyebarkan kebiasaan ini kepada anggota keluarga dan orang-orang terdekat lainnya.

Sumber:

mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/hand-washing/art-20046253

Dibaca 1013 Kali Terakhir Diperbaharui Sabtu, 05 Oktober 2019 16:15
Regina Elesley Boru, SKM

Admin Website, Sanitarian di Puskesmas Sikumana sejak tahun 2004 hingga sekarang.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

SOSIALISASI DAN PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH (FE)

SOSIALISASI DAN PEMBERIAN TABLET TAMBAH DARAH (FE)

UPT. Puskesmas Sikumana, pada Tanggal 26 Februari 2018 Read More
SCREENING FAKTOR RESIKO PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) DI TEMPAT TEMPAT UMUM

SCREENING FAKTOR RESIKO PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) DI TEMPAT TEMPAT UMUM

Masalah Kesehatan yang dihadapi saat ini sangat kompleks Read More
MENGENAL ANEMIA YANG MEMATIKAN

MENGENAL ANEMIA YANG MEMATIKAN

PENGERTIAN ANEMIA DEFISIENSI BESI Anemia defisiensi besi adalah Read More
APA ITU RUBELLA ?

APA ITU RUBELLA ?

Pengertian Rubella Rubella atau campak Jerman adalah infeksi Read More
SERING GERAKAN KAKI SAAT DUDUK ? BANYAK MANFAATNYA ....

SERING GERAKAN KAKI SAAT DUDUK ? BANYAK MANFAATNYA ....

Seringkali kita tak sadar sedang menggerakkan kaki saat Read More
S0SIALISASI TB : MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DALAM PENEMUAN KASUS

S0SIALISASI TB : MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DALAM PENEMUAN KASUS

Penemuan kasus TB identik dengan fenomena gunung es Read More
PUSKESMAS SIKUMANA MENUJU AKREDITASI

PUSKESMAS SIKUMANA MENUJU AKREDITASI

Puskesmas Sikumana sebagai fasilitas pelayanan kesehatan terus berupaya Read More
  • 1