BANGUN PAGAR PUSKESMAS ! CAMAT MAULAFA DAN MASYARAKAT TURUN TANGAN... Featured

Ditulis Oleh | Minggu, 29 Juli 2018 03:40 | Dibaca : 610 Kali | Terakhir Diperbaharui : Minggu, 29 Juli 2018 15:00
Pagar Asri  hasil kerjasama yang kompak Pagar Asri hasil kerjasama yang kompak

Jika ada yang melintasi Jalan Oebonik I Kelurahan Sikumana pada hari Sabtu tanggal 28 Juli 2018  pasti keheranan dengan keramaian yang terjadi.


Bagaimana tidak, Petugas medis dan Paramedis  yang sehari-hari berurusan dengan pasien, menyuntik pasien, atau membantu persalinan, memeriksa bakteri dengan mikroskop , hari itu mereka bahu membahu mengukur tanah, menggali lubang, mengangkat kayu, memaku tiang dan pekerjaan berat lainnya. Bahkan beberapa Dokter PTT tanpa canggung menggergaji papan, walaupun dengan beberapa kali bimbingan dari staf yang lain.

Dan lebih luar biasa lagi karena petugas Puskesmas tidak bekerja sendiri tetapi ada dukungan dari masyarakat sekitar. Bahkan pekerjaan ini di Pimpin langsung oleh Camat Maulafa, Bapak Lodywik Djungu Lape dan  dr.Evalina Corebima selaku Kepala Puskesmas Sikumana.“ Puskesmas adalah milik masyarakat bukan milik Pegawai Puskesmas Sikumana atau milik Kepala Puskesmas karena itu sepatutnya masyarakat dan lintas sektor berperan aktif dalam meningkatkan mutu pelayanan dan mendukung proses Akreditasi Puskesmas “ demikian arahan Camat Maulafa sebelum memulai kegiatan pagi itu.

Demikian juga Ibu Getruida Isabela, Sekertaris Kelurahan Sikumana,  Ketua LPM dan beberapa staf Kelurahan Sikumana bekerja dengan antusias menggali lubang dan memanggul papan. Bahkan masyarakat lanjut usia dipelopori oleh Bapak Edelbertus Mesu dari Kelurahan Oepura yang kebetulan hari itu mengikuti Kegiatan Prolanis sangat bersemangat membantu mengangkat bilah-bilah papan dari Pelataran Rawat Inap Puskesmas ke lokasi pembuatan pagar. Sungguh kerjasama yang sangat kompak. Semoga kemitraan ini tetap terjalin karena masih banyak hal yang perlu dibenahi di  Puskesmas Sikumana  yang butuh kerjasama termasuk saran dan kritik yang membangun dari masyarakat. Berbekal linggis, palu dan bilah-bilah kayu dari mebel, terciptalah pagar puskesmas yang minimalis, cantik dan asri.

Tetapi ini bukan sekedar persyaratan untuk memenuhi penilaian Akreditasi Puskesmas tetapi Keberadaan Pagar memang sangat dibutuhkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bagi pasien,  petugas Puskesmas dan juga aset-aset Pemerintah yang ada dalam Puskesmas. Karena itu seyogyanya ini menjadi bahan pertimbangan dalam pembangunan Puskesmas di waktu yang akan datang (LB)

 

 

 

Regina Elesley Boru, SKM

Admin Website, Sanitarian di Puskesmas Sikumana sejak tahun 2004 hingga sekarang.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.