S0SIALISASI TB : MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DALAM PENEMUAN KASUS

Ditulis Oleh | Jumat, 27 Juli 2018 08:12 | Dibaca : 824 Kali | Terakhir Diperbaharui : Jumat, 27 Juli 2018 08:21
Sosialisasi di Dasa Wisma RT 9 Kelurahan Sikumana Sosialisasi di Dasa Wisma RT 9 Kelurahan Sikumana

Penemuan kasus TB identik dengan fenomena gunung es menjelaskan bahwa satu yang berobat maka ada sepuluh kasus  dimasyarakat yang belum ditangani


 

Dalam tahun 2017 rata rata IR TB Paru dengan BTA positif di Puskesmas Sikumana adalah 0,0012 % perbulannya dan IR Tersangka Paru adalah 0,0012%, dengan demikian setiap Bulannya terdapat 4-6 Kasus Baru dimana 30-40% adalah dari Golongan Umur dibawah 19 Tahun. Dengan pendekatan TOSS (Temukan Obati Sampai Sembuh) diharapkan tersangka TB paru dapat ditemukan secara dini dan diobati sampai tuntas. Berdasarkan hal itu maka ditetapkan target penemuan kasus tahun 2018 adalah 1017 suspect. Angka yang sangat besar jika hanya mengandalkan Petugas Kesehatan.

Oleh karena itu pada awal tahun 2018 Pengelola TB UPT. Puskesmas Sikumana Ibu Maria E Tauk berkoordinasi dengan Petugas Promosi Kesehatan membuat Jadwal Sosialisasi TB di enam Kelurahan yaitu Sikumana, Belo, Oepura, Naikolan Kolhua dan Fatukoa secara rutin setiap bulan. Sosialisasi  dilakukan di pertemuan-pertemuan warga seperti Karang taruna, Dasa Wisma atau Pertemuan Ketua RT/RW. Sosialisasi ini bertujuan agar lebih banyak masyarakat yang mengetahui tanda dan gejala Tuberculosis sehingga dapat membantu Petugas dalam Penemuan Suspect TB dengan melaporkan anggota Keluarga atau tetangga yang menderita gejala yang sama lewat telepon atau SMS.

Setelah mendengar penyuluhan ini Partisipasi warga cukup baik dengan membawa keluarga yang mempunyai gejala TB ke UPT Puskesmas Sikumana untuk mendapatkan Pemeriksaan BTA Positif. Pengelola akan menindaklanjuti dengan Pelacakan Kasus dan kontak Serumah.

Dengan surveilans berbasis masyarakat diharapkan Suspect TB segera mendapat Pemeriksaan BTA dan memperoleh Pengobatan yang tepat.  Dengan demikian penyakitnya tidak bertambah parah dan mengurangi resiko penularan bagi orang lain .LB

Regina Elesley Boru, SKM

Admin Website, Sanitarian di Puskesmas Sikumana sejak tahun 2004 hingga sekarang.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.